All New Idul Adha

Inilah akibatnya beli tiket promo tanpa nge-cek kalender tahun mendatang. Saya ber-Idul Adha di negeri orang!
Ah… tapi anggaplah sebagai pengalaman dan pelajaran bagi kehidupan di masa mendatang *apa deh*


Saya, Saodah dan Markonah, mbak-mbak rombongan dokter dari Surabaya, dan mbak-mbak pelancong dari Vietnam

Sekitar jam setengah delapan saya bersiap menuju Masjid terdekat dari hostel, gak lain dan gak bukan Masjid Jamae (Chulia), hanya satu menit berjalan kaki. Langit saat itu agak mendung dan gerimis halus turun menghiasi pagi hari raya itu. Ketika saya sampai, ruang shalat khusus perempuan sudah penuh sesak dengan perempuan dengan wajah khas India dan Timur Tengah, sebagian berabaya hitam dan sebagian lagi mengenakan sari dengan warna-warni mencolok yang kontras dengan kulit gelap mereka. Saya menyempil di antara mereka, berdesak-desakkan sambil mendengarkan khotbah yang disampaikan dalam bahasa Hindi.
Usai shalat, saya kembali ke hostel, sarapan bersama teman-teman Indonesia yang saya kenal selama menginap di sana. Ada rombongan dokter dari Surabaya, dua orang gadis yang transit satu malam di Singapura sepulangnya dari backpacking selama dua malam di Ho Chi Minh, juga Saodah dan Markonah yang bekerja di bank saingan tempat saya bekerja.

Ini salah satu hal menyenangkan yang kita bisa dapatkan dari suatu perjalanan. Bertemu orang baru dan menjalin pertemanan baru. Alhamdulillaah😉

Leave a Reply

