Hari Raya: Kampong Glam and the Bustling Orchard

Minggu, 6 November 2011, hari kelima saya di Singapura ini bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha.
Mengingat pesan rombongan ibu-ibu yang menraktir saya makan malam di hari pertama saya di Singapura supaya mengunjungi Kampong Glam pada siang hari, saya pun melangkahkan kaki menuju tempat tersebut tepat setelah usai melaksanakan shalat Idul Adha. Kenapa siang hari, alasannya sederhana sih. Sore menjelang maghrib, Kampong Glam yang memang didiami mayoritas orang Melayu ataupun Timur Tengah yang rata-rata memeluk agama Islam, serta-merta menjadi lebih sunyi karena toko-toko akan segera menutup tempat mereka.
Tapi mungkin saya juga memilih waktu berkunjung yang salah, karena saat kunjungan siang hari Minggu itu pun saya mendapati Kampong Glam yang senyap tanpa keceriaan yang biasanya saya lihat saat merayakan Idul Adha di tanah air. Sebagian besar toko tutup, yang cukup ramai hanyalah Masjid Sultan karena ada acara memasak bersama setelah selesai potong kurban. Walaupun gak jelas juga dimana acara pemotongannya berlangsung.
Untunglah saya berbekal buku ‘Singapore: A Walking Tour’, saya bisa tetap menikmati sepinya Kampong Glam dengan menyusuri jalan dan mencari beberapa tempat bersejarah secara arsitektural menurut buku tersebut. Tidak semuanya saya sambangi, misalnya, saya tidak berkunjung ke komplek pemakaman Melayu, tapi saya sempatkan mengunjungi bangunan bersejarah lainnya seperti Alsagoff Arab School, Malabar Mosque, Hajjah Fatimah Mosque, dan tentu tak ketinggalan the famous Sultan Mosque.


Note some important thing?:mrgreen:

Dari Kampong Glam, saya beralih ke kawasan Orchard dengan misi utama: mau melihat TKI lagi liburan😆
Seriously.
Tapi sebelum ngubek-ngubek Orchard, hati dan pikiran saya yang memang tidak pada tempatnya #eh? sempat terdistraksi dan akhirnya memutuskan untuk ke… KBRI #eaaa

Tentunya dengan bunga-bunga harapan yang merekah dan bermimpi mekar di KBRI, walaupun, karena saya bukan pembaca peta yang baik dan tidak tau alamat jelas KBRI, saya menghabiskan waktu cukup lama berputar-putar di daerah Chatsworth dan pada akhirnya gak ketemu KBRI sama sekali. Emang niat itu berbanding lurus dengan hasil ya kayaknya:mrgreen:
Karena kecapkean, dengan hati galau saya tergoda untuk membeli barang gak penting dalam perjalanan nyasar-nyari-KBRI ke Orchard: sebuah es krim Magnum rasa hazelnut.

Setelah saya kembali ke jalan yang benar, saya berusaha untuk kembali mengumpulkan semangat untuk mengevaluasi Orchard. Orchard di hari minggu sungguh sesak, seperti lautan manusia yang jelas nampak bahwa mereka bukan warga Singapur. Banyak perempuan dengan wajah dan kulit eksotis berdandan berlebihan, dengan tank top dan celana pendek, bicara dalam bahasa nasional masing-masing, atau bercumbu dengan laki-laki yang saya cukup yakin bukanlah laki-laki sebangsa dengan mereka.

Orchard yang saat itu sudah mulai berhias menyambut natal juga seperti catwalk besar bagi mereka yang ingin ‘melihat’ ataupun ‘dilihat’. Manusia dengan dandanan sedemikian rupa, mulai dari remaja paling modis hingga ibu-ibu dengan rambut disasak tinggi yang ujung-ujungnya ketemu lagi di rumah makan RIA yang menyajikan ayam penyet dan makanan khas Indonesia lainnya:mrgreen:
Dari banyak mal yang berderet, hanya Takashimaya dan Wisma Atria yang saya masuki. Bagi saya, Orchard tidak membawa kesan khusus. Hanya deretan mal yang agak membosankan, tapi mungkin saya akan berkata lain kalau saya punya uang tajir melintir yang gak perlu mikir mau belanja apa dan dapet duit dari mana😆

Expenses:
– Top Up EZ Link card SGD 10
– Es krim Magnum Almond Hazelnut SGD 4.20
– Paket McDonald for lunch and dinner SGD 4.95

Leave a Reply

