Magnetic Levitation

Kemarin pagi saat briefing yang biasa dilakukan sebelum memulai pekerjaan, seorang rekan kerja yang baru saja tiba dari Shanghai bercerita tentang pengalamannya selama melakukan kunjungan untuk melihat agunan di sana. Hal yang menarik adalah ceritanya soal magnetic levitation train, kereta super cepat yang menghubungkan bandara Shanghai dengan pusat kota Pudong. Mendengar serunya dia bercerita, saya pun penasaran, dan seperti biasa, kumat jiwa duedil-nya.

Apa yang dia maksud dengan magnetic levitation train, atau disingkat maglev train, ternyata adalah Shanghai Maglev Train yang menghubungkan Shanghai Pudong International Airport dan pusat kota Pudong yang berjarak lebih dari 30 km hanya dalam waktu 7 menit! 7 menit 20 detik to be precise.
Jarak sejauh itu ditempuh dengan waktu sesingkat itu, wajar saja karena Shanghai Maglev Train ini memiliki kecepatan 431 km/jam! Terdengar keren ya!
Maglev train itu sendiri merupakan kereta api yang mengambang secara magnetik, jadi dia gak nempel ke rel-nya, melainkan melayang di atas rel. ini sih yang sebenernya mengundang rasa penasaran saya.

Katanya, saat ini Cina adalah negara pertama dan satu-satunya di dunia yang memiliki kereta listrik yang beroperasi secara komersial dengan kecepatan hingga 350 km/jam. Tapi, bukankah Spanyol punya Talgo 350 yang melaju dengan kecepatan yang sama? TGV Reseau milik Perancis bahkan memiliki kecepatan hingga 380 km/jam. Rekor terbaru TGV saat ini bahkan mencapai 574,8 km/jam untuk kereta beroda konvensional. Sementara ada klaim lain yang mengatakan bahwa kereta listrik tercepat saat ini memang dimiliki Cina dengan CRH380A-nya yang mampu melaju dengan kecepatan hingga 486 km/jam dan melayani perjalanan Shanghai ke Nanjing dan Shanghai ke Hangzhou.

Hmm… membaca cerita-cerita itu, pasti deh selalu kepikiran kapan Indonesia bisa sampai ke sana. Kalau kita sudah punya maglev train, saya kan gak perlu kos karena jarak Bandung-Depok mungkin bisa ditempuh dengan waktu kurang dari satu jam:mrgreen:

*tapi yang jelas, tiba-tiba jadi mupeng pingin ke Shanghai*😆

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s