Sisa-sisa Singapura

Saatnya menulis tentang penginapan!!!
Beberapa bulan sebelum keberangkatan, saya sudah rajin browsing segala informasi terkait dengan akomodasi selama berada di Singapur. Bolak-balik melototin agoda, hostelworld, tripadvisor, blogwalking ke sana kemari mencari tau hostel apa yang murah tapi nyaman dan dekat dengan pusat kota. Uhm… kalo masalah dekat dengan pusat kota sebenernya gak terlalu penting sih ya, secara Singapur itu kan sempit seuprit-uprit, ke mana-mana dekat dan masih dalam walking distance lah… jadi sebenernya masalah yang satu ini gak terlalu urgent buat saya.

Dua hal yang selalu jadi fokus utama saya ketika menyeleksi hostel-hostel yang menawarkan diri menjadi tempat menginap adalah kebersihan dan kenyamanannya. Bersih kamar tidurnya dan bersih kamar mandinya. Yang terakhir disebut itu penting banget buat saya, mengingat saya adalah orang yang menghabiskan waktu luar biasa lama di kamar mandi setidak-tidaknya lima kali dalam sehari (!!!)
Lalu soal kenyamanan, ya standar lah ya… pinginnya kan ketemu hostel yang lingkungannya aman, gak sepi tapi juga gak hingar-bingar, buka 24 jam, dan pelayanan yang ramah serta helpful.
Browsing sana sini, meminta pendapat dan saran, akhirnya tersaring dua nama: Tresor Tavern dan Pillows & Toast. Sempat bingung juga mau pilih yang mana, setelah berkonsultasi dengan beberapa orang akhirnya saya memutuskan memilih nama kedua. Selain terlihat bersih di website-nya, saya menyukai shoes-off policy mereka. Jadi dalam bayangan saya, hostel mereka pasti bersih karena gak ada orang lari-larian pake sepatu dalam kamar😆 Disamping itu, Pillows & Toast juga terletak dekat dengan stasiun MRT dan masjid. Jalan ke stasiun paling hanya 3 menit, ke masjid hanya 2 menit. Indah kan?

Daaaaannn… pilihan saya sungguh tepat! Hehehe… Alhamdulillaah staff-nya ramah dan cukup helpful. Buka 24 jam sehingga saya bisa pulang agak larut, walaupun dalam eksekusinya, jam 8 aja saya udah duduk manis di pantry mereka sambil menyeruput secangkir kopi:mrgreen:
Kamar mandinya bersih, terang, dan luas. Toiletnya pun demikian dan yang penting bagi saya yang orang kampung sejati ini, toiletnya bukan toilet kering! Hurray!!!
Jadi, bagi teman-teman yang sedang bingung mencari penginapan di Singapur, jangan sungkan-sungkan lho, langsung aja pilih si Pillows & Toast ini. Saya bukan bagian marketing mereka dan sama sekali gak dibayar buat promosi gini, tapi beneran deh gak akan nyesel nginep di sini.

Terus… apa ya…
Hooo… yaaa… kesan tentang Singapura yang saya dapat selama tujuh hari. Mungkin kurang tepat kalau saya yang baru mencicipi Singapur selama waktu yang singkat itu memberikan review, tapi yang namanya perjalanan atau apapun pasti ada kesan-kesannya kan? Minimal first impression lah…
Jadi ya… Singapur adalah negeri yang awalnya bernama Temasek, yang artinya pulau yang dikelilingi air, yang kemudian mendapatkan nama Singapura dari seorang raja Palembang.
Singapur adalah negara dimana warganya dikelompokkan berdasarkan ras dan menjadikan hal tersebut sebagai salah satu daya tarik wisata mereka. Negara dengan aura yang dingin dan individualis, di mana pengguna iPhone seri terbaru bisa kita temui di mana saja dan iPad adalah bawaan biasa anak-anak usia SD di dalam MRT. Minggir, Blackberry!!!
Negeri yang sebenarnya tidak memiliki apapun untuk dijual kecuali pusat perbelanjaan, yang semua objek wisatanya artifisial, dengan pasir di pantai Siloso yang katanya dibeli dari Indonesia. Negeri yang sepertinya bukan tempat yang menentramkan untuk hidup, apalagi bila kita sendiri tanpa keluarga atau teman.
Tapi, Singapur juga adalah negeri yang masih memiliki banyak tempat yang belum saya kunjungi, dan masih ingin saya datangi. Singapore Science Centre, contohnya, yang berharapnya sih bisa ke sana bersama anak-anak saya suatu saat nanti #eaaa😆:mrgreen:😆

Expenses:
– Penginapan selama 6 malam SGD 177… very much recommended!
– Taksi dari Soetta ke rumah IDR 205.000

Leave a Reply

