Senyum dan Semangat*

Lelah jadinya malu karena dicibir mulu
Bukannya ku tak mendengar kata-kata yang kasar
Bukannya ku tak peduli semua caci dan maki…

Ada beberapa hal yang saya pikir harus dimiliki oleh setiap pemimpin. Hal-hal yang tidak bisa didapatkan dari perkuliahan dalam kelas ataupun kursus-kursus berbiaya tinggi, tapi dari mengamati sekeliling dan merendahkan hati serta menajamkan simpati.
Seorang pemimpin tidak hanya memerlukan kecerdasan yang luar biasa, atau pengalaman segudang, atau kemampuan lobi yang lihai, atau bahkan kepandaian melontarkan kalimat-kalimat manis penuh gula-gula yang tidak bisa ditolak oleh pemegang kekuasaan. Seorang pemimpin yang diberkahi oleh kemampuan-kemampuan semacam itu harusnya memiliki pula kemampuan berkomunikasi yang baik. Tahu bagaimana cara memilih kata dan melontarkan kalimat, tahu bagaimana caranya bersikap, kapan menasihati atau melemparkan candaan yang tepat, yang cerdas, dan tidak menyakitkan hati atau bahkan meniadakan keberadaan orang lain. Tahu bagaimana cara memotivasi dan menyemangati orang lain, hingga bawahan merasa dirinya dihargai dan hasil kerjanya diapresiasi.

Seorang pemimpin selayaknya mampu melihat talenta, passion, dan potensi orang-orang yang dipimpinnya. Mampu melakukan gebrakan dan terobosan, mampu bersikap netral dan memberikan teladan yang baik. Mampu memperlakukan manusia sesuai dengan nilainya.

Seorang pemimpin sepatutnya melindungi anak buahnya dan bukannya memindahkan semua tanggung jawab pada bawahannya atau cuci tangan dari masalah yang ada. Seorang pemimpin tidak pantas hanya memikirkan posisinya hingga sibuk menjilat atasan dan menginjak bawahan. Dia harus mampu melahirkan pemimpin-pemimpin baru yang mandiri dan siap ditinggal pergi.

Jika kelak saya menjadi pemimpin, mudah-mudahan saya bisa menjadi pemimpin yang takut Tuhan dan menghargai sesama. Semoga saya ingat tentang hal-hal yang saya lihat dan alami sendiri, sehingga saya bisa menjaga diri untuk tidak melakukannya pada orang lain.

Mari kita belajar menjadi pemimpin yang baik mulai dari cara kita memimpin diri sendiri.

Allaah, mohon kuatkan hamba.

Tak peduli ku di bully
Omongan lo gw beli
Cacian lo gw cuci dengan senyuman prestasi

*second single sung by SM*SH

2 thoughts on “Senyum dan Semangat*

    • ukechin says:

      Terlepas dari siapa yang nyanyi Vik, liriknya emang pas banget.
      Btw ayo Vik, dicakepin blog-nya! Welcome to blogging world😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s