Tentang Bea Meterai

Hmmm… karena saya lagi sepi panggilan RKK maupun penandatanganan PK, saya jadi iseng mengisi waktu luang dengan googling beberapa masalah hukum. Awalnya lagi baca-baca soal roya hak tanggungan, eh terus inget sama diskusi teman-teman di milis FH, akhirnya jadi penasaran sama persoalan meterai dan end up dengan membaca undang-undang bea meterai:mrgreen:

Selama ini, pada umumnya masyarakat menganggap keberadaan meterai yang ditempelkan pada suatu dokumen sebagai tanda keabsahan dokumen tersebut. Padahal gak begitu lho. Suatu dokumen perjanjian, misalnya, dengan atau tanpa adanya meterai tersebut adalah tetap sah dan mengikat para pihak didalamnya selama perjanjian tersebut memenuhi syarat-syarat sahnya perjanjian sebagaimana yang tertuang dalam Pasal 1320 KUH Perdata. Gak, saya gak mau ngomong soal Pasal 1320 itu kok. Saya mau ngomong sedikit soal meterai. Kalau ngomongin Pasal 1320 paling gak harus satu semester😮

Lalu, apakah fungsi sebenarnya dari meterai itu?
Menurut undang-undang nomor 13 tahun 1985 tentang bea meterai, bea meterai itu sendiri sebenarnya adalah pajak atas dokumen tertentu. Dalam pasal-pasal selanjutnya dapat disimpulkan bahwa penggunaan meterai diperlukan untuk dokumen-dokumen yang dibuat dengan tujuan untuk digunakan atau pada saatnya nanti dapat digunakan sebagai alat pembuktian yang bersifat perdata di pengadilan.

Nah, gimana kalo kita lupa menempelkan meterai pada dokumen dimaksud?
Untuk mengatasi hal ini, ada yang namanya nazegeling atau pemeteraian kemudian. Nazegeling dilakukan oleh Pejabat Pos atas permintaan pemegang dokumen yang bea meterainya belum dilunasi sebagaimana mestinya. Kalau dalam praktiknya, saya belum pernah melakukan nazegeling, jadi saya kurang paham apakah nazegeling dapat dilakukan di seluruh kantor pos atau hanya di kantor pos tertentu saja. Teman-teman milis sih bilangnya nazegeling bisa dilakukan di kantor pos mana saja, asal jangan pos keliling:mrgreen:

Jadi, demikianlah bahasan singkat mengenai meterai. Semoga menambah pengetahuan pembaca sekalian #eh?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s