My Instantly Crush!

Pernah dengar nama PLTA Lamajan dan PLTA Cikalong?
Saya belum pernah, dan karena mengikuti training lingkungan hidup minggu kemarin, bukan cuma lihat gambar-gambarnya di internet, tapi saya juga melihat langsung dua PLTA bersejarah tersebut.
Keduanya terletak di Desa Lamajan, wilayah Pangalengan. PLTA Lamajan dibangun oleh Belanda tahun 1924, dan mulai beroperasi tahun 1925. Pipa kuningnya belum pernah bocor hingga saat ini, demikian pula dengan mesin-mesinnya, belum pernah rusak sampai sekarang. Saya benar-benar terkagum-kagum deh dengan hasil karya Belanda ini, yang saya cukup yakin, pasti dibangun dengan darah rakyat Indonesia.

Lamajan
Lamajan2
Lamajan3
Lamajan4
Untuk mencapai tempat dimana pembangkit dan turbin berada, kita harus turun menggunakan lori sederhana yang juga peninggalan Belanda. Serem-serem lucu tapi juga seru sih waktu turun pake lori ini:mrgreen:

Serem soalnya, kemiringan bukit itu kalo dilihat dari atas sih kayaknya biasa aja ya… tapi begitu dijabanin pake lori nih… wuiiiiihhh.. langsung ketauan kalo kemiringannya hampir mencapai sudut 90% alias curam luar biasa😮

Lamajan5
Salah satu bagian PLTA Lamajan yang memanfaatkan sungai Cisangkuy

Lamajan6
Pipa kuning ini dibangun zaman Belanda, dan gak pernah bocor. Waktu zaman pendudukan Jepang, penduduk sekitar dengan diminta Belanda, menutupi pipa kuning ini dengan pepohonan sehingga menyerupai hutan karena khawatir dihancurkan Jepang. Pemerintah Jepang sendiri saat itu lebih memilih memerintahkan penduduk untuk menanam beberapa jenis tanaman.

Lamajan7
Turbin

Lamajan8
Pembangkit

Hebatnya, penduduk yang tinggal di perkampungan di hutan dekat hulu sungai menggunakan bukit curam itu untuk kegiatan sehari-hari. Iya sih dikasih tangga dari batu, tapi tetep aja kebayang luar biasanya perjuangan anak-anak kecil pulang pergi sekolah setiap hari. Sekali jalan, mereka harus melewati 2000 anak tangga. Pulang pergi berarti 4000 anak tangga. Hebatnya lagi, kegiatan naik turun tangga batu curam dan terjal itu mereka lakukan dengan berlari-lari kecil, bercanda tanpa beban, kadang sambil membawa tabung gas 3 kilo. Bahkan langkah mereka lebih cepat dari jalannya lori!😆

Dari PLTA Lamajan, kami bergerak ke PLTA Cikalong.
Nah, kalo PLTA Cikalong ini dibangun oleh pemerintah Indonesia setelah kemerdekaan, tepatnya tahun 1957, dan mulai beroperasi tahun 1961. Air yang dialirkan dimanfaatkan oleh PDAM Kodya Bandung untuk air minum.

Cikalong
Cikalong2
Bak penenang

Cikalong3Cikalong4
Cikalong5
Turbin pabrikan perancis

Cikalong6
Inside the power house

Saya bertanya-tanya, kalau PLTA Lamajan dan PLTA Plengan tidak dibangun oleh Belanda, apakah pemerintah Indonesia akan membangunnya?
Kalau PLTA Cikalong tidak dibangun oleh pemerintah era Bung Karno, apakah pemerintahan setelahnya akan membangunnya?
Gak kebayang bagaimana cara para pendahulu membangun PLTA-PLTA tersebut, ketika daerah Lamajan masih sangat terpencil dan sulit dijangkau.

Selama training tersebut, peserta dari luar Bandung diinapkan di Hotel Sensa di Ciwalk. Lucu sih hotelnya. Mengambil bentuk kupu-kupu dan tema minimalis, terlihat berbeda dengan hotel pada umumnya. Kamarnya nyaman dan cantik, berkesan nyaman dan ringan.

Sensa2
Sensa
Sensa3
Sensa4

Daaann… gong-nya nih… gara-gara dengerin lagu sepanjang perjalanan ke Lamajan itu, saya langsung jatuh cinta sama Boyce Avenue! Instantly crush with their lead singer, abang Alejandro Manzano yang punya suara sooooo dreamy dan kemampuan bergitar yang bikin meleleh…huhuhu… aku padamu Baaaaannnggg😆
alejandro manzano
Bang, Abang pendukung jokowi ya Bang?:mrgreen: *krik* *gambar diculik dari internet*

abang ale
Aaaaahh… senyumnya itu senyumnyaaa *meleleh* matamu Bang, matamuuuuu… aku mauuu… *seriously klepek-klepek* #eh

Kata temen gw sih, abang Alejandro ini “kok mirip sama saranghaneun saram ya Ke?” alias mirip sama si Mr. Engineer:mrgreen: *matanyaaa.. matanyaaa* *jejeritan*😆
Oh well, kalo gitu ya ketauan lah ya salah satu penyebab saya langsung ngegebet abang ganteng yang satu ini😆

Pulang dari Lamajan, langsung deh buka-buka yutub, langsung donlot lagu-lagu yang mereka cover. Hihihi… dari semua, yang paling gw suka sampe gw ulang-ulang terus nemenin kerja di kantor, adalah Here Without You-nya 3 Doors Down, A Thousand Miles-nya Vanessa Carlton, Only Girl-nya Rihanna, dan Fix You-nya Coldplay. Coba deh cari video yang Fix You, menit ke 1:30-nya bikin deg-deg-an kakaaaaakkk!!!:mrgreen:
Trus, trus, coba lihat yang A Thousand Miles. Menit ke 1, 1:57, sama 2:27 sampe 2:29… LOOOOOVE!!! *kenapa kenapa kenapa oh kenapaaaaa harus ada orang sekeren iniiiiihhh???*

Sampe pengen kalo punya anak cowok nanti dikasih nama Alejandro😆😆😆

Yuk balik lagi dengerin abang Ale nyanyi yaaa…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s