[Mamak Kitchen] Thai – Malaysian – Singaporean Food | All in One Kitchen!

Kali ini awal ceritanya agak lain. Kalau biasanya gw denger-denger info tempat jajan baru itu hasil nguping rekan sekantor atau memang lewat tempatnya tanpa sengaja, tempat nongkrong kali ini gw temukan via internet ketika gw, seperti biasa, membuka-buka situs groupon disdus untuk melihat-lihat siapa tau ada promo atau diskonan menarik.
Pertama kali baca promonya kan ngerasa…lumayan juga ya diskon sampe 50% gitu. Trus kalo lihat tampilan makanan di foto-fotonya kan tampak menggugah salero, apalagi menu yang ditawarkan termasuk salah satu menu-menu favorit gw dan Neng Erma *bawa-bawa Neng Erma, cari pembelaan*:mrgreen:
Udah gitu lokasinya strategis pula, di tengah kota Bandung, termasuk dekat dari kantor.

Long story short, setelah menimbang ini itu, gw beli lah dua voucher groupon disdus itu. Satu voucher untuk paket B, dan satu lagi untuk paket D. Maksudnya ya supaya lengkap, ada cemilan, makanan utama, minuman, dan bubble tea. Maka pada suatu sore pada hari dimana gw mengenakan seragam abu-abu, bersualah gw dan Neng Erma di Mamak Kitchen.
Mamak Kitchen ini terletak di Jl. Riau No. 63, menempati sebagian kecil tempat di Heritage FO. Heritage FO itu sendiri terletak persis ditikungan, berhadapan dengan Stamp FO dan Kantor Pos. Mamak Kitchen ini terhitung baru, mereka menawarkan makanan-makanan ala peranakan Melayu dan Tionghoa, juga makanan-makanan khas Thailand.

Gw sampai terlebih dahulu dan setelah menghubungi Neng Erma yang masih betah di Gramedia, gw pun untuk memesan makanan lebih dulu. Oke, berdasarkan voucher yang gw beli, gw berhak atas 2 jenis cemilan, 2 jenis makanan utama, 2 jenis minuman yang pilihannya terdiri dari Thai Tea dan Teh Tarik, dan 2 jenis varian bubble tea.
Namapun pemanfaatan voucher diskonan ya cyiiiiinnn… menu yang bisa gw pilih pun terbatas. Tapi gak masalah, karena gw tetap bisa memilih hidangan-hidangan yang, katanya, merupakan recommended dishes atau best seller.

Maka inilah yang gw pesan *oya, gw tulis juga ya harga asli makan-minum ini, exclude taxes*

this is it

Roti Canai Egg IDR 22.000 | Roti Canai Banana Cheese IDR 26.000 | Nasi Lemak with Chicken Curry IDR 35.000 | Spicy Basil Chicken Rice IDR 36.000 | Ice Thai Milk Tea IDR 14.000 | Tarik Ice Tea IDR 15.000 | Taro Milk Bubble Tea IDR 22.000 | Chocolate Hazelnut Milk Tea IDR 21.000

foodism peranakan ceunah

menu + minuman

Nasi Lemak Chicken Curry jadi bagian Neng Erma, sementara gw mengambil alih Spicy Basil Chicken Rice. Nasi Lemaknya gak beda sama nasi uduk, dan lauknya yang terdiri dari ayam dengan kuah kari kental, sedikit ikan, dan setengah butir telur, menurut Neng Erma, biasa aja rasanya. Nothing special.
Spicy Basil Chicken Rice yang gw santap, selain sayuran hijau dan daging ayam, juga ada telur mata sapi yang gak well done. Kebetulan gw gak terlalu suka sama telur mata sapi yang pas ditusuk bagian kuningnya jadi meleleh, jadilah makan telurnya agak-agak sambil mengernyitkan dahi gitu. Rasa nasi dan lauk pauknya pun biasa. Daging ayamnya gak terlalu banyak, justru sayurnya yang mendominasi. Pengiritan kali, ya?

Abis makanan utama, kita mulai potek-potekin roti canai si cemilan. Gw pesan roti canai egg karena menurut mbak pelayannya, it tasted good. Roti canai egg itu sendiri disajikan dengan kuah kari. Pas dicoba… yah… biasa banget qaqaaa… malah cenderung hambar. Kuah karinya juga kami rasakan kurang berani bumbu. Roti canai banana cheese-nya juga sami mawon. Banana-nya gak kerasa dan kejunya pelit banget. Tekstur roti canainya pun cenderung kering, plain, dan tipis. Bukannya membandingkan ya, tapi roti canai Mamak Kitchen sama sekali bukan tandingan roti canai-nya Hayuda yang lekker luar biasa dengan topping melimpah itu, juga sama sekali gak sebanding sama roti canai yang kami cicipi saat di Penang.

Sambil makan, tentunya minuman di seruput dikit-dikit lah ya…
Penyajian es teh tariknya sih lucu, wadahnya semacam jar gitu. Tapi apakah rasanya selucu tampilannya?
Gak, qaqaaa… baik Ice Thai Milk Tea maupun Es Teh Tarik-nya, lagi-lagi kurang mantap rasanya. Lebih tepatnya, susunya kurang terasa, dan secara keseluruhan, kurang manis! Harusnya jangan dikasih judul teh tarik, tapi teh susu. Gak ada blenek-bleneknya teh tarik sama sekali. Itu cuma kayak teh dikasih susu terus dituang air. Udah.

Niatnya mau pulang sebelum waktu Isya, tapi saat itu hujan tiba-tiba mengguyur cukup deras. Jadilah si bubble tea, yang tadinya diniatin mau diminum di rumah aja, didaulat jadi minuman penutup sambil menunggu hujan reda.
Dan ya… Taro Milk Bubble Tea-nya lumayan, sedikit lebih baik dari Chocolate Hazelnut Milk Tea. Yang disebut terakhir ini, entah kenapa sama seperti pendahulu-pendahulunya. Terlalu biasa, terlalu plain, pelit ingredients tampaknya.

Jadi, verdict gw dan Neng Erma?
Dua review yang gw temukan di TripAdvisor bilang kalo Mamak Kitchen ini very good and recommended, but i don’t know… Mungkin gw dan Neng Erma memang bukan ahli icip-icip atau lidah kami yang mati rasa, but just let’s find another place with better taste and worth price.
Untuuuuunnnggg gw ke sana modal voucher diskon groupon disdus… each voucher valued IDR 50.000, dua voucher berarti IDR 100.000.

I just think that it wouldn’t be fair enough to pay up to IDR 200.000 for the taste they offered.

Mohon maaf lahir batin ya, monggo diterima sebagai kritik membangun😉

4 thoughts on “[Mamak Kitchen] Thai – Malaysian – Singaporean Food | All in One Kitchen!

    • ukechin says:

      Hmm… Jadi gini, mbak…
      Groupon disdus itu semacam situs yang tiap hari menawarkan voucher diskon untuk berbagai produk. Bisa elektronik, perkakas rumah tangga, travel, hotel, restoran… You name it lah. Nah tapi gak untuk semua daerah di indonesia. Terutama tempat2 makan gitu, kalo gak salah sih hanya beberapa kota besar. Jakarta, bandung, sama 3 kota lain kalo gak salah. Restoran yang promo pun ganti-ganti… Saya baru coba lotteria di jakarta dan mamak kitchen di bandung, soalnya hilir mudiknya kan emang di dua kota ini. Kalo mau tau sekarang lagi promo apa, langsung ke disdus.com aja Mbak🙂

Leave a Reply

