[Seoul & Gyeonggi-do] Highlights Day 1 – to the downtown, Seoul

Sabtu, 4 April 2015.
“Menjelang pendaratan, pilot mengumumkan suhu udara di darat. 11 derajat celcius. Pukul 08:30 waktu Korea, kami mendarat di Incheon International Airport.”
Hmm… oke. So it was 11 celcius degree outside and I’ve been forgot how cold it was back then, but I reckon that it shall still be pretty cold for tropical person like me and my mom.

Setelah pesawat mendarat dengan sempurna, seolah tak sabar para penumpang pun segera berhamburan keluar. Tempat pertama yang kami cari di tengah megahnya Incheon International Airport adalah toilet karena kami harus berganti pakaian. Berangkat dari negeri dengan matahari bersinar sepanjang tahun, kami berangkat tanpa mengenakan baju penahan dingin alias longjohn secara lengkap. Gw hanya mengenakan longjohn bawahan, sementara Nyonya Besar sebaliknya.
Dan begitu sampai di kamar mandi, kami bertemu dengan banyak turis lain, sebagian besar dari Indonesia, dan melakukan hal yang sama dengan kami.

Dengan pakaian perang yang dirasa telah lengkap, kami pun melanjutkan perjalanan. Tujuan selanjutnya adalah bangunan utama bandara alias Passenger Terminal. Dari tempat kami mendarat, untuk ke Passenger Terminal kita harus menaiki kereta yang menghubungkan bangunan satu dengan bangunan lainnya. Perjalanan ke Passenger Terminal dengan kereta memakan waktu sekitar 5 menit. Turun dari kereta, kami menyelesaikan urusan imigrasi, kemudian menuju conveyor belt dan mengambil bagasi. Oya… mumpung baru mendarat di Incheon, ada baiknya kita cari tau dulu gimana caranya mencapai pusat kota.

Transportasi dari Incheon International Airport ke Seoul
Sebelum mulai menjelajah Seoul, tentu kita harus sampai di Seoul terlebih dulu kan… nah, terdapat beberapa cara untuk mencapai pusat kota Seoul dari Incheon International Airport. Ini sedikit rangkuman dari beberapa sumber di internet.
Seoul Metropolitan Subway
Seoul Subway, terdiri dari 9 line dan terus berkembang, adalah salah satu yang ternyaman dari semua jenis kereta yang pernah gw coba selama ini. Pengguna Subway dapat memilih menggunakan T-Money, Metropolitan Pass atau M-Pass (khusus untuk wisatawan asing), atau membeli single journey ticket.
T-Money adalah salah satu metode pembayaran untuk penggunaan subway, bus, taksi, dan juga bisa digunakan untuk berbelanja di beberapa convenience stores seperti 7-Eleven, GS 25, Story Way, Buy the Way, dan convenience stores lainnya yang bertanda logo T-Money. T-Money dapat didapatkan dengan mudah di convenience stores dengan harga KRW 2500 per kartu dan bisa diisi ulang melalui vending machine, di loket-loket yang ada di setiap stasiun subway, atau di convenience stores. Setelah tidak digunakan, T-Money bisa dikembalikan dan saldo tersisa didalamnya bisa di-refund.
Sementara M-Pass dapat digunakan hingga 20 kali dalam sehari selama masa berlakunya kartu sesuai pilihan kita, apakah 1-day, 2-day,3-day, 5-day, atau 7-day pass. Berbeda dengan T-Money yang mengcover Seoul dan kota-kota lainnya di Korea seperti Busan, Daegu, dan Daejeon, M-Pass mengcover hanya wilayah Seoul dan Jeju, termasuk Seoul Subway Lines 1-9, Incheon Subway, AREX’s all stop train, metropolitan trains (kecuali Sinbundang dan Gyeongchun (ITX) Line), dan bus (kecuali bus dengan warna merah).
M-Pass dapat dibeli di Seoul Travel Information Center di Incheon International Airport Passenger Terminal Level 1, Gate 5 & 10, dan di Jeju Tourism Information Center di Jeju International Airport.
Card Type Price
1-day pass 10,000 won
2-day pass 18,000 won
3-day pass 25,500 won
5-day pass 42,500 won
7-day pass 59,500 won

Airport Limousine Bus
Airport buses run from Incheon International Airport to most parts of Seoul. Tickets may be purchased at the ticket booths just outside the passenger terminal (arrival area) on the 1st floor, located next to Gates 4 and 9 inside the arrival floor (1F) and outside next to Gates 4, 6, 7, 8, 11, 13 and 9C. Detailed inquiries on bus routes and bus stops can be made at the Airport Information Desk between Gates 3 and 4 or Gates 11 and 12 on the arrival floor (1F), or the Airport Bus ticket booth, conveniently located on the 1st floor. Night buses (24:00–03:50) are also available.
Bus Types
There are two types of airport buses: deluxe and standard. Deluxe buses are Korea Airlines limousines and other bus companies that operate non-stop or shortened routes to major hotels and destinations. These buses make fewer stops (shorter travel time) and have comfortable seats with more space. Standard buses tend be more crowded with smaller space and make more stops.
Bus Fare (from Incheon Airport)
– Deluxe Limousine Bus:
To Gimpo International Airport: Around KRW 7,500
To downtown Seoul: KRW 14,000-16,000
– Standard Limousine Bus:
To Gimpo International Airport & Songjeong Station: Around KRW 5,000
To downtown Seoul: KRW 9,000-10,000

Taksi
Bagi yang ogah ribet, mungkin taksi bisa dijadikan pilihan. Selain nyaman, hampir seluruh taksi sudah dilengkapi GPS, jadi nggak perlu khawatir nyasar *kalo dibawa muter-muter sih wallahu a’lam lah ya* Tapi tentu ada rupa ada harga, taksi adalah mode transportasi yang paling makan biaya. Selain mahal, penumpang juga harus menanggung biaya tol sebesar KRW 8,000 untuk mobil ukuran kecil.
Untuk mengunakan taksi, you may exit the airport through any gate between Gates 4 and 8 of the passenger terminal (arrival area), cross the street, and go to the taxi stands (4D-8C). It is not unusual to be approached by a taxi driver inside the passenger terminal, but we suggest ignoring them and follow the standard protocol.

In Korea, there are three types of taxis: regular, deluxe, and jumbo. Regular and deluxe taxis can take as many as four passengers at a time, while jumbo taxis have a capacity of up to nine passengers. The base fare for a regular taxi is 3,000 won (for the first 2km) while the base fare for deluxe and jumbo taxis are 5,000 won (for the first 3km). Please also note that regular taxis charge an extra 20% of the base fare after midnight (24:00-4:00), while no such additional fare is applied for deluxe and jumbo taxis.

Airport Railroad Express (AREX)
AREX terbagi menjadi 2 macam: Express Train dan All Stop Train. Sesuai dengan namanya, Express Train melakukan perjalanan non stop dari bandara dan berakhir di Seoul Station. Sementara All Stop Train berhenti di 11 stasiun subway – 6 diantaranya merupakan stasiun transit ke jalur lain – sehingga waktu tempuhnya tentu lebih lama daripada Express Train, yaitu selama 56 menit. Express Train merupakan cara tercepat untuk mencapai pusat kota Seoul, perjalanan hanya memakan waktu selama 43 menit. Untuk keterangan lebih lanjut bisa dibaca di http://www.arex.co.kr
Biaya
– Express Train: Dewasa KRW 14,800 (terdapat special rate hingga 31 Desember 2015, dimana tiket dewasa seharga KRW 8,000 dan anak-anak seharga KRW 6,900)
– All Stop Train: Dewasa KRW 4,250 / Youth KRW 3,040 / Anak-anak KRW 1,900
Untuk menaiki All Stop Train, kita bisa menggunakan T-Money yang bisa dibeli di convenience stores atau M-Pass yang dibeli di Seoul Tourist Information Center yang terletak di depan Gate 5 dan Gate 10 Level 1 Incheon International Airport. Sementara untuk Express Train, kita harus membeli single journey ticket secara terpisah, baik di vending machine atau di konter-konter yang tersebar di level B1 Incheon International Airport.

Kembali ke kisah perjalanan kami, setelah harta benda sudah kembali ke pelukan masing-masing, hal pertama yang harus segera ditunaikan adalah membeli T-Money, kartu sakti yang akan menemani kami berkeliling Seoul dan sekitarnya. Maka gw pun segera memasuki gerai 7-Eleven dan membeli 2 buah T-Money, dan masing-masing gw isi saldo sebesar KRW 50,000. Saran gw, lebih baik isi berlebih daripada tanpa sadar kekurangan di tengah jalan. Kalau ada sisa kan bisa di refund di akhir perjalanan nanti, and that was exactly what we did on our last day in Seoul. Dengan T-Money berwarna abu-abu, gw pun mulai mencari petunjuk arah bertuliskan AREX atau Korail.
Sejak awal, gw dan Nyonya Besar sudah berniat ingin mencoba AREX’s Express Train. Peron untuk AREX terletak di bangunan yang berbeda dari Passenger Terminal, tapi tetap ditempuh dengan berjalan kaki kok, hanya perlu menyeberang berganti gedung saja. Maka kami pun keluar dari Passenger Terminal daaaaannn segera saja angin dingin menerpa. Sedikit kaget karena sudah lupa seperti apa dinginnya 11 derajat celcius.

Sesampainya di dalam, kami bergegas mencari gate untuk AREX’s Express Train karena kami berusaha untuk menaiki Express Train keberangkatan pukul 09:50 pagi. Nah, gate untuk All Stop Train dan Express Train itu berbeda ya teman-teman… gate untuk All Stop Train terletak di sisi kiri, berwarna biru, dan untuk menaiki All Stop Train kita bisa menggunakan T-Money atau M-Pass, sementara untuk Express Train terletak di sisi kanan, berwarna oranye, dan untuk menumpanginya kita harus membeli tiket secara terpisah. Gw pun membeli 2 tiket, masing-masing seharga KRW 8,000 dan menerima 2 tiket untuk tapping beserta sebuah struk pembelian, di mana tertera nomor tempat duduk dan nomor gerbong kereta kita. Setelah tapping, kami menuruni eskalator dan menunggu di peron sesuai dengan nomor gerbong pada struk. Perhatikan saja lantai peron, ada nomor-nomornya kok gerbong mana menunggu di mana. Kebetulan, untuk gerbong 5 itu pas banget setelah turun eskalator, nggak perlu jalan ke mana-mana lagi.

Tidak lama, kereta datang dan kami pun menaikinya. Gw menaruh koper-koper kami pada tempat penyimpanan koper didekat pintu kereta, lalu mencari kursi nomor 4A dan 4B. Pukul 09:50 tepat kereta berangkat. Nyonya Besar tertidur tak lama setelah kereta mulai berjalan, sementara gw tersenyum-senyum sendiri, memperhatikan pemandangan di luar jendela. Rasanya luar biasa dan hampir tak percaya, gw kembali datang ke negeri ini. Diselingi tidur-tidur ayam, mendekati pemberhentian akhir di Seoul Station, gw membangunkan Nyonya Besar. Express Train merapat di Seoul Station tepat pukul 10:35, sesuai dengan waktu yang tercetak di struk pembelian tiket.

Seoul Station merupakan salah satu stasiun besar di pusat kota Seoul, menjadi titik pertemuan beberapa jalur kereta, yaitu Line 1, Line 4, dan Gyeongui Line. Dari Seoul Station ke hostel tempat kami menginap tidak jauh lagi, hanya perlu menyambung subway line 4 dan turun di pemberhentian berikutnya. TOP Hotel & Guesthouse, tempat kami menginap terletak di kawasan Hoehyeon, berdekatan dengan kawasan Myeongdong. Kami bahkan bisa berjalan kaki ke Myeongdong, tinggal menyeberangi jalan raya dan sampailah di Myeongdong yang gegap gempita.
Sesuai petunjuk penginapan, dari Seoul Station kami menyambung subway line 1 dan turun di stasiun Hoehyeon. Lumayan jadi PR juga naik turun tangga stasiun subway sambil membawa koper, Alhamdulillah tanpa diduga seorang ahjussi bertampang beku tergerak hatinya menolong Nyonya Besar membawakan kopernya, dan kemudian pergi lagi dengan tangan di saku celana tanpa berkata apapun seolah tak terjadi apa-apa. Gamsahamnida, ahjussi yang-walaupun-nggak-ganteng-tapi-baik-hati!

Di stasiun Hoehyeon, kami keluar di Exit 1. Kata si penginapan, TOP Hotel & Guesthouse itu cuma 3 menit berjalan kaki dari stasiun. Tapi mengingat 3 menit-nya dan cara jalan kakinya orang Korea itu berbeda dengan kita, gw menduga bahwa we need to multiply 3 menit itu… mungkin jadi 6 menit, atau 9 menit, atau 12 menit. Di depan tangga exit 1 ada 3 jalan: jalan raya, lalu 2 jalan yang lebih kecil berisi deretan toko. Gw memutar kepala mencari tanda-tanda keberadaan si TOP Hotel & Guesthouse. Hei! Ternyata soal 3 menit-berjalan-kaki-dari-exit 1-stasiun Hoehyeon itu benar adanya. Penginapan gw berada di jalan kecil yang paling kanan, kurang dari 50 meter dari exit 1 Stasiun Hoehyeon. Sign board-nya memang kecil, jadi harus pasang mata.

Saat itu waktu menunjukkan pukul 11:30 kurang atau lebihnya. Kami mendekati seorang wanita paruh baya yang berjaga di meja resepsionis. Setelah mengalami kesulitan komunikasi yang cukup menguras energi, kami perlu menunggu sekitar 30 menit sampai akhirnya diizinkan early check in dan masuk kamar. Hmm… kamarnya lumayan juga. Lumayan mungil, maksudnya… hehehe. Anyway, tetaplah Alhamdulillah.
Mari menghilangkan penat sejenak. Setelahnya kita mulai menikmati Seoul.

T-Money | this! should be your very first thing to buy to getting around Seoul. Each costs KRW 2,500 and you can buy it at any convenience stores bearing the T-Money logo

T-Money | this! should be your very first thing to buy to getting around Seoul. Each costs KRW 2,500 and you can buy it at any convenience stores bearing the T-Money logo


AREX's Express Train Gate

AREX’s Express Train Gate


Ticket Receipt | Pay attention to car number and seat number

Ticket Receipt | Pay attention to car number and seat number


AREX's Express Train single journey ticket KRW 8,000

AREX’s Express Train single journey ticket KRW 8,000


Inside AREX's Express Train

Inside AREX’s Express Train

Pengeluaran per orang sejauh ini:
. T-Money KRW 2,500
. Isi saldo T-Money KRW 50,000
. AREX’s Express Train ticket KRW 8,000
. Penginapan KRW 300,000 untuk 8 malam

Catatan:
Kurs Korean Won terhadap Rupiah saat itu: KRW 1 = IDR 11,95

10 thoughts on “[Seoul & Gyeonggi-do] Highlights Day 1 – to the downtown, Seoul

  1. lynns says:

    Hi….seru rasanya perjalanannya. Mau bertanya nih. Waktu di seoul station, dari jalur arex ke line 4 lewat transfer passageway gak? Lalu apakah mudah utk ke line 4 dg membawa koper? Trims

    • ukechin says:

      Hai Lynns, terima kasih sudah mampir🙂
      Hmm jujur saya lupa apakah saya lewat transfer passageway atau nggak, yg jelas saya hanya mengikuti petunjuk ke arah seoul metro.
      Tapi kalau mengingat betapa saya lumayan ngos2an waktu itu kayaknya saya nggak lewat transfer passageway itu deh *trus lewat mana atuuuhh*
      Soal koper, mau line berapapun, memang lumayan jadi pe-er juga karena stasiun2 subway korea itu naik turun tangganya juara, semacam singapur gitu. Kecuali kalo kopernya kecil, itu sih nggak masalah lah ya.. kalo dari seoul station harus menyambung ke sekitar myeongdong atau hoehyeon sepertinya bisa naik taksi aja kalo nggak mau capek. Karena dekat, argonya nggak mahal kok..
      Hope this helps!

      • Lynns says:

        Oooo. Dari yg saya baca sih transfer passageway itu shortcut ke line 1 atau 4. Jadi yg biasanya 12-17mnt jadi 5mnt. Kalau sampai lama, most probably kmrn gak lewat trf passageway. Hehehe
        Memang subway di seoul banyak tangga. Lagi bingung atr naik limo bus yg gak repot nenteng koper (tp 90-120mnt ke tujuan aplg kl lg peak hour) atau naik arex yg harus dorong koper pas trf ke line 4(tp max 60 mnt ke station yg dituju n ada eskalator di exit yg dituju). Thank you ya:)

      • ukechin says:

        Hola lynns!
        Kalau cuma bawa satu atau dua koper sih, naik arex aja. Nah pulangnya baru naik limo bus karena kemungkinannya si koper sudah beranak pinak kan… hehehe😉

  2. Lynns says:

    Oooo thank you utk suggestionnya. Oya….setelah dr arex, waktu kmrn dr seoul station ke line 4 bayar utk metronya lg atau nggak? Gamsahamnida:)

  3. mys says:

    Hai… Kalo dari berita2 yg saya baca harusnya bln april sdh spring, benarkah? Oya sekalian tanya utk reservasi hotelnya melalui apa? Makasih

    • ukechin says:

      Halo… pada dasarnya bulan april memang sudah mulai spring dan cuaca mulai hangat, tapi nggak tau kenapa tahun ini walaupun kuncup bunga sudah terlihat, suhu udara masih rendah, sekitar 2-4 derajat di pagi hari dan meningkat menjadi sekitar 11 derajat di siang hari.
      Kalau mau lihat sakura full bloom, biasanya tanggal 5 april ke atas.

      Saya reservasi hotel melalui booking.com ☺

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s